Tuesday, December 14, 2010

Mbah Halimah

Di keluarga besar gue (yang sering kita sebut 'orang Gatot' karena dulu alm kakek tinggal di komplek Polri di Gatot Subroto) ada mbah pijat bayi yang sudah jadi langganan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. At least sejak gue bayi, karena dulu gue dipijat sama mbah ini waktu bayi.

Namanya mbah Halimah, tahun ini usianya sudah 100 tahun. Ya iyalah, secara waktu gue bayi juga dipijat sama mbah Halimah ini. Untuk nenek usia 100 tahun, she's really fit. Badannya sudah agak bungkuk, jalan juga pelan-pelan, tapi matanya masih awas, masih ingat orang (at least ingat wajah walaupun ga ingat nama), tenaga masih oke terbukti dia masih bisa urut baby R dan juga bayi-bayi lain anak sepupu gue. Dan ada satu hal yang paling gue salut: dia masih dandan, nggak pernah keluar rumah tanpa pupur (bedak) dan lipstik alias gincu di bibirnya yang selalu senyum! Si mbah masih pake kebaya sama jarik kalo pergi, kemarin kebayanya warna hitam bunga-bunga kecil warna biru kuning. Terus pake selendang juga kalo keluar rumah.

She looks beautiful in her own way, really. Mbah ini sederhana banget, jadi jangan bayangin wajahnya mulus karena pake botox or anything, no. Si mbah wajahnya udah penuh keriput, tangannya juga keriput dan kurus. Tapi the way she smiles, how she says hello and hugs everyone she met in my family, bikin dia selalu kelihatan cantik dan so noble.

Kemarin si mbah urut baby R lagi setelah sebulan lebih 'menghilang'. Kita cari ke rumahnya nggak pernah ada, katanya lagi nginep di tempat cucunya dan nggak boleh ngurut lagi karena sudah tua, harus pensiun. Whew, gue dan ayah langsung kalang kabut karena baby R nggak punya back up mbah urut bayi lagi selain mbah Halimah. Apalagi baby R petakilan astaganaga, jadi kemungkinan kecetit lumayan besar.

Untungnya sekarang si mbah Halimah sudah back on duty :-) Dan kemarin baby R diurut sampe nangis kejer, katanya kecetit di punggung, tangan, dada lumayan parah. Saking parahnya, baby R sampe sakit kalo mau pipis dan pup, jadi dia panas karena perutnya sembelit juga. Bingo! Baby R memang badannya anget sejak 3 hari sebelumnya, dan dokter juga kasih alternatif diagnosa Infeksi Saluran Kencing sebagai salah satu sebab angetnya. It all makes sense now. Sekarang baby R udah seger dan petakilan lagi.

Ga cuma baby R yang kena urut kemarin, bunda juga kena. Dari 3 sepupu gue yang udah punya anak (si mbah pegang perut bawah kita bertiga satu per satu pas ketemu), hanya gue yang dipanggil untuk pijit. Ternyata oh ternyata, peranakan turun kata si mbah. Diomelin lah gue, 'Kamu sering angkat2 yang berat ya?' Errr, ya iya mbah, itu tas segambreng tiap hari harus dibawa: tas kantor, tas laptop, tas bekal dan pompa ASI, cooler bag. Si mbah pun melototin gue hehehe...

Sabtu ini gue harus bawa baby R balik pijat lagi supaya sembuh.
Nanti gue foto bareng ah sama si mbah kesayangan :-)

No comments:

Post a Comment